Alat Musik Tradisional Sumatera Selatan Lengkap

Propinsi Sumatera Selatan dengan Palembang jadi ibukotanya, alat musik tradisionil yang dipunyai berlainan dengan propinsi atau daerah yang ada di Pulau Sumatera.

Perubahan musik serta type musik dikota Palembang tersebut begitu di pengaruhi oleh kondisi jaman yang melingkupinya. Dimasa Kerajaan Sriwijaya saya kita banyak di pengaruhi oleh unsur musik Cina, India, serta musik lokal. Nuansa musiknya peluang besar begitu di pengaruhi unsur agama Budha yang di saat itu yaitu agama resmi yang diannut oleh Kerajaan Sriwijaya.

alat musik tradisional sumatera selatan

gambar alat musik tradisional sumatera selatan

Oleh karena itu saya menginginkan berusaha untuk membuat ulangilah alat musik tradisionil Sumatera Selatan adalah seperti berikut :

Alat Musik Tradisionil Sumatera Selatan

1. Alat Musik Burdah atau Drum Oku

Burdah atau Drum Oku yaitu alat drum besar yang terbuat dari kulit binatang serta nangka.
Umumnya burdah dimainkan dalam satu acara-acara kebiasaan jadi alat musik ritmis. Langkah memainkannya juga gampang yakni cukup hanya ditepuk sisi kulit membrannya dengan memakai telapak tangan.

2. Alat Musik Tenun

Diberi nama tenun karna memanglah alat musik ini dahulunya seringkali dimainkan sewaktu beberapa wanita tengah kerjakan tenunan kain. Alat musik ini adalah fasilitas hiburan serta pelipur rasa jemu untuk beberapa wanita yang keseharian bekerja menenun kain. Langkah memainkannya juga cukup gampang yakni lewat cara memukulkan kayu pada bebrapa sisi spesifik yang hasilkan bebrapa suara berlainan.

3. Alat Musik Gambus

Alat musik gambus memanglah semakin banyak di kenal jadi alat musik tradisionil asal Riau. Tetapi dengan hal semacam ini bukanlah bermakna alat musik ini tidak dimainkan oleh orang-orang suku Melayu di Palembang Sumatera Selatan. Gambus Palembang di buat dari kayu dengan mempunyai enam dawai yang dimainkan lewat cara dipetik. Terkecuali bisa berperan jadi alat musik yang beraliran melodis, gambus ini dapat juga berperan jadi alat musik serasi.

4. Kenong Basemah Alat Musik

Kenong basemah memiliki bentuk seperti kenong pada umumnya, namun ukurannya lebih kecil. Alat musik yang satu ini berperan menjadi alat musik jenis melodis.
Ia juga akan hasilkan nada mengiang waktu sisi atasnya dipukul memakai alat pemukul yang di buat spesial.

5. Alat Musik Terbangan

Alat musik yang serupa rebana ini, lalu oleh orang-orang Palembang dinamakan Terbangan. Terbangan terbagi dalam 4 buah rebana serta dimainkan dengan serunai waktu syukuran, acara khitan, atau upacara pernikahan kebiasaan Palembang.

6. Alat Musik Genggong

Alat musik tradisionil Sumatera Selatan yang ini bernama Genggong. Yang mengatur suara pada genggong yaitu tangan serta getaran lidah waktu menipukah geggong.

7. Alat Musik Kolintang

Kolintang yaitu alat musik tradisionil Sumatera Selatan yang disebut susunan logam kecil yang dimainkan lewat cara dipukul memakai alat pemukul yang di buat spesial. Alat musik ini seringkali dimainkan oleh masyarat suku Komering ketika upacara kebiasaan dan pertunjukan seni tradisionil. Kolintang di daerah beda di Indonesia memiliki nama yang bermacam, umpamanya di Riau, alat musik ini dimaksud dengan nama Talempong atau Calempong.

8. Alat Musik Seruling

Alat musik ini terbuat dari potongan bambu. Seruling ini bisa dimainkan baik dengan tunggal ataupun dengan berkelompok dengan alat musik yang lain. Biasanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah.

9. Alat Musik Marawis

Alat musik ini terbuat dari kayu, kulit binatang dan tali. Alat musik ini seperti gendang berkepala ganda tetapi berbadan pendek serta umumnya dimainkan jadi pengiring lagu dengan nuansa Islam waktu acara keagamaan, diluar itu juga dimainkan untuk menemani tarian zapin.

10. Alat Musik Biola

Alat musik ini terbuat dari ukiran kayu serta tali senar. Alat musik gesek mirip dengan biola Eropah. Instrumen ini memiliki empat dawai serta busur. Biola ini bisanya dimainkan untuk menemani lagu-lagu upacara kebiasaan Melayu. Diluar itu dimainkan juga untuk menemani lagu-lagu daerah.

11. Alat Musik Terompet

Alat musik ini terbuat berbahan basic stenlis. Alat musik ini memiliki bentuk seperti terompet Eropa. Terompet ini adalah sisi dari sepasang alat musik jidor atas blas karna dimainkan oleh belasan orang. Diliat dari sisi memiliki bentuk, alat musik jidor ini banyak memperoleh dampak dari Eropa, seperti terompet, klarinet, sak seto (saxofon alto), tenorak, serta alat musik ciri khas Eropa yang lain.

12. Alat Musik Gong

Alat musik ini terbuat berbahan basic kuningan. Gong dapat dimainkan dengan tunggal ataupun berkelompok melaraskannya dengan alat musik yang lain. Dalam musik tradisionil, gong digunakan jadi nada bass. Gong dipakai sebagai media pemberitahuan atau untuk menginformasikan suatu hal pada khalayak ramai.

Alat musik tradisional sumatera selatan adalah alat musik peninggalan orang zaman dulu yang saat ini masih tetap ada sisa-sisa peninggalanya serta kita jadi penerusnya mesti menjaga serta melestarikan sisia-sisia peninggalan ini.