Apa saja Gejala Typus?

Typus

Typus, atau lebih dikenal sebagai penyakit tifus merupakan penyakit yang menyerang saluran pencernaan pada manusia. Penyebab dari penyakit ini adalah bakteri yang disebut Salmonella Typhi. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh dengan melalui makanan dan minuman yang dimakan oleh manusia. Penyakit ini biasa dialami oleh anak-anak, namun tak jarang orang dewasa sekali pun dapat menunjukan gejala typus.

Orang yang tidak menunjukan gejala Typus bisa menjadi pembawa penyakit Typus dan menularkannya kepada orang yang sehat. Hal itu membuat bakteri pembawa penyakit tifus masih bersarang dalam tubuh dari orang tersebut dalam waktu yang cukup lama, meskipun orang tersebut telah dinyatakan telah sembuh dari penyakit tersebut. Pasalnya bakteri Salmonella Typhi dapat hidup dalam sel-sel manusia sebagai parasit, sehingga sistem antibody manusia tidak dapat menjangkaunya.

Gejala typus sendiri akan terlihat setelah enam sampai tiga puluh hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh manusia. Gejala utama yang dapat dilihat adalah terjadinya demam yang cukup tinggi. Demam tinggi yang terjadi hampir sama seperti gejala pada penyakit lainnya. Oleh karena itu, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan berupa tes darah dan tes urin pada pasien yang terindikasi terserang tifes.

 

  1. Demam tinggi yang secara berlahan meningkat. Demam tinggi dapat mencapai hingga suhu tubuh 40oC (Celcius). Dengan suhu tubuh yang setinggi itu, tentu Anda sudah harus waspada dan segera lakukan pertolongan pertama, agar demam tidak semakin tinggi.
  2. Karena pembawa bakteri dari penyakit ini adalah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, sering kali gejala yang timbul juga disertai dengan sakit pada bagian perut.
  3. Sakit yang terasa di area kepala.
  4. Terjadi ruam-ruam pada kulit tubuh. Gejala ruam pada tubuh tidak selalu terjadi pada semua orang yang teridentifikasi terkena infeksi bakteri penyebab tifus. Namun perlu diperhatikan jika telah terdapat bintik-bintik kecil pada kulit, maka segeralah periksakan ke dokter.
  5. Sebagai tanggapan dari adanya benda asing yang masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan memberitahukan kepada Anda, salah satunya adalah Anda akan kehilangan nafsu makan. Jika pun Anda masih dapat memasukan makanan di dalam perut, maka yang terjadi terkadang adalah muntah.
  6. Tubuh akan menjadi lemah, seperti tidak bertenaga.
  7. Terjadi penurunan berat badan secara bertahap.
  8. Gejala lainnya yang dapat muncul adalah Anda mengalami diare atau terkadang justru mengalami susah buang air besar.

 

Itulah beberapa gejala yang timbul. Jika semakin parah, maka dapat mengakibatkan pendarahan pada usus besar. Pada kasus yang cukup parah, maka dapat mengakibatkan pecahnya usus. Oleh karena itu, jika telah nampak gejala typus, segeralah periksakan diri ke dokter, sebelum sakit semakin parah. Ingatlah, karena media utama penyebaran bakteri adalah dari makanan dan minuman, maka sebaiknya Anda menjaga kebersihan makanan dan memperhatikan tempat Anda membeli makanan. Baca Selengkapnya