Beberapa Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Banyak faktor yang penyebab anak susah makan, tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan bagi orang tua karena nantinya anak akan pilah pilih makanan, atau hanya makan satu jenis makanan saja. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi tumbuh kembang si anak.

madu gemuk badan anak

Anak yang susah makan biasanya berumur antara usia balita-usia pra sekolah. Jika dibiarkan terus menerus dikhawatirkan anak mengalami kekurangan gizi dan nutrisi. Artikel ini akan membahas tentang faktor anak susah makan, untuk diketahui oleh orang tua dan bagaimana cara mengatasinya.

4 Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Anak mengalami susah makan biasanya terjadi pada umur-umur 1 tahunan dimana anak sudah dapat makan sendiri. namun biasanya anak hanya akan makan 1 kali dalam sehari, bahkan anak tidak mau makan sama sekali. ini sangat mengkhawatirkan jika dibiarkan. Berikut adalah faktor penyebab anak susah makan.

1.      Sudah Mulai Memiliki Selera Pada Rasa Makanan

Saat seorang anak telah bisa membedakan rasa makanan, maka ia akan bersikap pilah-pilih makanan. Pada umur ini anak tidak perlu lagi diberi bubur bayi. Nah peran orang tua disini sangat penting, orang tua harus lebih cermat dan cerdas dalam membuat masakan untuk anak yang susah makan, seperti menyiapkan variasi makanan bagi si kecil yang menarik, bernutrisi dan bergizi.

2.      Organ Sistem Pencernaan Anak Terganggu

Terganggunya sistem pencernaak pada si anak tidak bisa dianggap sepele, hal ini karena selain menjadi salah satu faktor penyebab anak susah makan juga akan mengganggu proses penyerapan nutrisi makanan pada si anak, dan tentu saja akan menggangu tumbuh kembang anak.

3.      Sering Memakan Makanan Ringan

Pola makan anak yang salah dapat menjadi penyebab anak susah makan. Ketika anak terlalu sering memakan makanan ringan seperti jajanan, snack, permen coklat dan sejenisnya menjadikan anak tidak selera makan saat diberi makanan besar, bahkan mereka akan menolak dan merengek merasa sudah kenyang. Maka pola asuh dan makan juga harus diperhatikan oleh orang tua.

4.      Anak Sedang Sakit

Usia anak merupakan usia yang rentan terhadap penyakit, ketika anak mulai tumbuh maka gejala demam, diare dan penyakit lainnya akan terus menyerang. Hal ini tentu menjadi penyebab anak susah makan. Jangankan anak, orang dewasa saja kalau sedang sakit maka selera dan nafsu makannya akan turun secara drastis. Untuk itu ketika anak sakit jangan lupa langsung dibawa ke dokter agar anak kembali sehat dan nafsu makannya kembali normal.

Dunia anak memang dunia bermain, maka energi bermain anak ini jangan sampai berkurang dalam diri anak. Makanan sehat dan bergizi menjadi sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Oleh karenanya penyebab susah makan pada anak perlu diatasi sesegera mungkin, agar anak dapat beraktivitas dengan normal sehat dan ceria.

Referensi : http://www.madugemukbadan.com/madu-gemuk-anak/