Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan

Makin lelap lagi, seseorang memasuki fase REM. Fase ini mempunyai dua tahapan. Tahap pertama, jika diukur dengan gelombang pada otak maka gelombang otak makin rendah dan memasuki apa yang disebut dengan gelombang teta, saat itulah seseorang bermimpi. Bola mata menjadi bergerak-gerak sesuai dengan kepanjangan REM dan energi otak menjadi sangat kuat.

manfaat tidur bagi kesehatan

Sebenarnya saat inilah seseorang mampu berkomunikasi dengan alam bawah sadar. Seseorang dapat mengolah energi gelombang teta untuk dibawa ke alam sadar seperti pada teknis meditasi. Mimpi yang dialanni pada saat seseorang memasuki wilayah thetha benar-benar imajinasi penuh yang tidak selalu berhubungan dengan kesadaran seseorang. Saat ini pula energi tubuh tercipta secara optimal. Jika tidur makin lelap maka pada proses berikutnya seseorang akan tidur dalam dan memasuki area gelombang otak delta. Pada kondisi ini gelombang otak nyaris nol, dan manusia bahkan tidak mengalami mimpi apa pun. Tidurnya akan tampak sangat tenang. Tidur delta inilah yang disebut dengan istirahat total. Jika seseorang mampu memasuki tidur hingga taraf tidur yang dalam maka ketika bangun tubuhnya akan terasa sangat segar. Baca juga antibiotik yang tidak boleh diberikan pada ibu hamil

Interval tidur pada manusia berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan individu serta usia. Bayi membutuhkan tidur relatif lebih lama. Bahkan, bayi baru lahir menghabiskan waktunya untuk tidur hampir sepanjang hari karena pada usia tersebut dibutuhkan pertumbuhan sel- sel tubuh yang maksimal, khususnya pada otak. Bayi yang kurang tidur akan mudah rewel dan sakit serta perkembangan sistem koordinasinya dapat terhambat.

manfaat cukup istirahat

Berikut kebutuhan tidur manusia sesuai usia:

Bayi baru lahir hingga usia 2 bulan berkisar antara 12—18jam setiap hari.

  1. Bayi usia 2—11 bulan membutuhkan waktu tidur 14—15jam.

Anak usia 1 —3 tahun memerlukan waktu tidur 12—14jam.

  1. Anak usia 3—5 tahun membutuhkan waktu tidur 11—13jam.

Anak usia 5— 10 tahun membutuhkan waktu tidur 11 —11 jam.

  1. Remaja usia 10—17 tahun memerlukan waktu tidur antara 8—lOjam.
  2. Dewasa hingga lansia membutuhkan waktu tidur antara 7—9jam.

Meskipun demikianjam tidur seseorang juga dipengaruhi oleh kualitas tidur. Jika tidurnya berkualitas hingga mencapai tiduryangdalam maka tiduryangtidakterlalu lama sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh serta membentuk energi yang besar. Kebutuhan tidur wanita relatif lebih panjang dibandingkan dengan pria. Sementara itu, wanita hamil membutuhkan istirahat serta tidur yang lebih lama dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil.

Kurang tidur memiliki beberapa efek penting, terutama yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan. Seseorang yang kurang tidur akan nampak lesu, kantung mata terlihat jelas, tidak menarik, atau kadar air pada kulit berkurang sehingga mempercepat keriput dan cepat mengalami penuaan. Seseorang yang kurang tidur juga akan mengalami penurunan sistem daya tahan tubuh sehingga mudah sakit.

Spiritual

Spiritualisme memberikan ketenangan bagi seseorang. Ketika secara spiritual seseorang merasakan ketenangan maka hal tersebut akan terpancar dari keadaan fisiknya. Seorang yang tampak tidak tenang akan kelihatan kusut dan berantakan. Ketenangan spiritual akan sangat tampak terpancar pada wajah yang cerah, berseri, tenang dan berwibawa serta anggun. Pancaran energi atau aura yang kuat inilah yang sering disebut sebagai inner beauty.

Tak jauh dari suplai air

Air merupakan sumber kehidupan. Namun, air tidak harus dyadikan satu dengan gizi dan makanan. Air secara utuh dibutuhkan, baik untuk dikonsumsi langsung atau sekadar membersihkan tubuh. Air yang dikonsumsi sangat penting untuk mempercantik diri.

Air dapat melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga pembentukan protein yang terkait dengan kulit pun lancar. Selain itu, jika kadar air dalam tubuh cukup maka proses pergantian sel kulit mati dengan sel baru menjadi lebih lancar. Kulit menjadi kencang dan tampak segar.

Sangat dianjurkan mengonsumsi airyang cukup minimal 8 gelas ukuran sedang atau sekitar1,5 liter per hari. Air putihjauh lebih memberikan kesehatan dan mempercantik tampilan tubuh.
Selain untuk dikonsumsi, air dimanfaatkan untuk kebutuhan membersihkan tubuh dan kebersihan vital bagi penampilan. Tubuh yang bersih akan mudah terhindar dari penyakit. Sel-sel kulit mati akan mengelupas dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Seseorang menjadi tampak segar. Perawatan menggunakan air tidak hanya untuk membersihkan tubuh, tetapi juga untuk merelaksasi tubuh dan membuat tubuh terasa segar, terutamajika dilakukan dengan berendam di dalam air hangat. Berenang yang merupakan olahraga air, sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Air sangat penting bagi hidup manusia. Bahkan, dalam agama air disebut sebagai sarana ibadah, seperti air wudu dalam agama Islam, air suci dalam agama Nasrani dan Buddha, serta air kehidupan dalam agama Hindu dan keyakinan Kong Hu Cu.