Standar Prosedur Pelaksanaan Fogging Nyamuk

DBD menjadi salah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dengan sifat menular dari satu korban ke korban lainnya yang berasal dari penyebaran nyamuk Aees Aegypti. Kebanyakan menyerang pada anak-anak dengan ciri-ciri demam tinggi mendadak 2 sampai 7 hari tanpa penyebab yang jelas, lesu/lemas, nyeri ulu hati, disertai pendarahan di kulit berupa bintik merah, kadang-kadang mimisan, berak darah, pada keadaan yang lebih berat terjadi muntah darah dan kesadaran menurun dan bertendensi menimbulkan shock dan kematian.

Standar prosedur jasa fogging nyamuk harus memperhatikan aspek lingkungan nyamuk Aedes Aegypti sesuai dengan SOP plekasanaannya yakni dapat diapparkan secara singkat pada penjelasan sebagai berikut:

  1. Tempat Perindukan / Perkembangbiakan

Nyamuk Ae. aegypti menyukai tempat-tampat yang berisikan air jernih dan tidak langsung beralaskan tanah, tempat perindukan atau perkembangbiakan tersebut dibedakan menjadi 3 yaitu, yaitu:

  • Tempat perindukan sementara, terdiri dari berbagai macam tempat penampungan air, misalnya; kaleng bekas, pecahan botol, pecahan gelas, talang air, pot bunga dan tempat-tempat penampungan genangan air bersih
  • Tempat tidak terurus secara permanen seperti tempat penampungan air untuk keperluan rumah tangga yangjarang dibersihkan seperti; bak penampungan air bersih (reservoir, gentong-gentong air, dan bak cuci di kamar mandi)
  • Tempat perindukan alamiah; Berupa genangan air pada lubang pohon, seperti misalnya terdapat pada celah-celah atau lubang-lubang pohon; pisang, kelapa, aren atau juga pada bekas potongan pohon bambu dan lubang bekas batang atau cabang pohon yang tumbang dan lain-lain.

2. Perilaku makanan

Ae . aegypti sangat antropofilik, walaupun ia juga bisa makan dari hewan berdarah panas lainya. Sebagai hewan diurnal nyamuk betina memiliki dua periode aktifitas menggigit, pertama dipagi hari selama beberapa jam matahari terbit dan sore hari selama beberapa jam sebelum matahari gelap.

  1. Perilaku istirahat

Ae. aegypti suka istirahat di tempat yang gelap, lembab dan tersembunyi di dalam rumah atau bangunan, termasuk di kamar tidur, kamar mandi, kamar kecil dan dapur. Nyamuk ini jarang di temukan di luar rumah.